that has secret destinations.

February 24, 2013

Career Ceiling

2/24/2013 Posted by Arif Setiawan , , , , No comments
Satu hal yang menarik di acara Mario Teguh hari ini adalah ketika ada yang bertanya mengenai karir dari Pak Mario Teguh sendiri. Tema hari ini adalah SUMO (susah move on).

Pertanyaannya :
Bisikan apa dalam karir bapak untuk menjadi seorang entrepreneur dan move on dari pekerjaan yang sebelumnya?
Jawaban dari bapaknya :

Kita harus mencapai apa yang namanya Career Ceiling (atap karir/puncak karir), kalau bisa secepatnya dan sesegera mungkin. Misalnya dalam suatu jenjang karir seorang pegawai itu ada sebagai Staff, AM, M, AVP, VP, dan selanjutnya. Biasanya seseorang jika sudah berada pada posisi AM, M, AVP, VP akan merasa nyaman dan akan betah dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Namun, apa si sebenarnya tujuan meningkatkan karir? Tujuannya adalah membuat lebih sedikit orang yang mengatur kita (`bebas`). Bagaimana rasanya anda diatur oleh orang-orang yang tidak lebih pandai dari anda secara terus menerus hampir setiap hari. Mungkin bisa sampai membuat anda frustasi.

Salah satu jalan untuk `bebas` itu adalah menjadi seorang entrepreneur, sehingga kita bisa bebas mengatur pekerjaan sesuai dengan passion kita, menentukan jam kerja dan jam libur kita tanpa harus membutuhkan keputusan dari orang lain. 

Namun, menurut saya untuk menjadi seperti ini juga bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan self motivation yang besar dan tekad yang kuat. Selain itu, juga ada faktor sacrifice, luck, partner untuk mewujudkannya. Karena menjadi seorang entrepreneur juga termasuk hal yang bisa disebut gambling dan pilihan hidup yang cukup sulit. 

Duh, kalau ada yang bahas hal seperti ini rasanya jadi cepet pengen resign dari kerjaan sekarang, tapi saya belum cukup punya guts untuk melakukannya. 

February 23, 2013

Pertama Kali Menang Kuis

2/23/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Mungkin ini pertama kalinya saya memenangkan sebuah kuis yang didasarkan pada keberuntungan. Ya, karena cuma ngtweet trus kemudian di acak. Sempet bingung sejenak buat konfirmasi, dan akhirnya saya bisa mengakuisisi domain arifsetiawan.web.id secara gratis. Alhamdulillah, walaupun belum tau mau buat apa domain ini dikemudian hari, hehe.

February 22, 2013

Pembaca

2/22/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Sudah kubuka beberapa artikel dengan bukti autentik berupa banyaknya tab yang ada di browser malam ini. Beberapa lagu yang tiada lelah menemani browser untuk menonton sang empunya kompi. 

Ya, saya ketiduran malam ini setelah berencana untuk membaca beberapa artikel di blog, atau istilah kerennya blogwalking. Entah kenapa memang dunia blog sudah menjadi teman saya sejak saya mengenalnya di tahun 2008. Rasanya tiada pernah lelah bagi saya untuk membaca artikel-artikel dari blog yang sudah saya masukkan ke list subscriber saya (sedikit berlebihan, kalo lagi males jg ga baca, haha). Nah, hal seperti ini terasa biasa saja sampai suatu saat terpikirkan bahwa mau sampai kapan hal ini berkelanjutan. Maksudnya cuma bisa jadi pembaca. Trus kapan berubah statusnya jadi penulis?

Sebenarnya dari dulu saya sudah punya asa ingin bisa jadi penulis, ya, menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kalo bisa hingga menjadi buku dan diterbitkan. Sejak saya aktif ngeblog dari tahun 2008 hingga detik ini, baik di blog lama maupun blog yang baru ini, perasaan tulisan saya biasa-biasa saja, skill menulis saya juga ga banyak meningkat (?) atau tulisan yang ada malah cenderung geje (duh).

Melihat kondisi seperti itu, maka sudah bisa saya simpulkan bahwa saya kurang bisa jika menulis yang hasilnya seperti karya sastra dan sarat makna, hehe. Maka sudah diputuskan pula bakal berusaha untuk mewujudkan rencana yang lebih realistis di tahun ini, yaitu bikin project freebies (biasanya kalo freebies sedikit banyak bisa bermanfaat buat orang lain :D). Tentang apa? Yang pasti tidak jauh dari dunia web dan mobile apps.

***

Sepertinya saya nulis di blog masih setengah sadar gegara kebangun hingga terhenti karena kepikiran TA. Duh, mending lanjut tidur lagi, hahaha. Nite fellas!

February 20, 2013

Ubuntu For Tablets

2/20/2013 Posted by Arif Setiawan , No comments
Setelah merambah notebook, desktop, smart tv, dan smartphone, kini sudah ada ubuntu for tablets yang dirilis beberapa hari yang lalu. Untuk lebih jelasnya bisa lihat video dari foundernya : Mark Shuttleworth.


Duh, udah ketinggalan banyak bener ni saya soal OS Linux yang satu ini.

February 18, 2013

Orang Yang Tepat

2/18/2013 Posted by Arif Setiawan , , , 3 comments
Pernahkah mendengar suatu kalimat "Dibalik pria yang hebat, ada wanita yang luar biasa". Beberapa hari yang lalu kebetulan saya nonton hitam putih yang temanya Valentine, bintang tamunya pemeran film Habibie Ainun, Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Yang dibahas tentunya masalah cinta. Kalimat ini dikoreksi oleh @corbuzier menjadi "Dibalik pria yang hebat ada wanita yang tepat dan luar biasa". Karena wanita yang luar biasa saja sepertinya tidak cukup jika tidak tepat. Saya setuju dengan koreksi ini, karena saya percaya bahwa setiap pasangan pasti membutuhkan suatu chemistry tersendiri untuk bisa cocok antara satu sama lain.

Di segmen akhir, ada satu kisah yang diceritakan tentang Obama dan istrinya. Ketika itu Obama dan istrinya    akan makan di suatu restoran. Obama sudah masuk ke restoran itu, sedangkan istrinya (Michelle Obama) masih di luar dan ngobrol dengan seseorang. Agak lama dan Obama menunggu di dalam restoran. Setelah selesai, Michelle akhirnya masuk dan duduk. Setelah duduk bersama Obama, Michelle ditanya ngobrol dengan siapa tadi? Ternyata beliau ngobrol dengan pemilik restoran itu. Dan ternyata juga merupakan mantan kekasih Michelle waktu muda dulu. Obama hanya tersenyum dan bertanya kepada istrinya itu. 
Mengapa kamu tidak sama dia saja, nanti kan kamu bisa punya suami yang punya restoran sebagus ini.
Apa jawaban dari Michelle?
Jika dia menjadi suami saya, maka yang akan menjadi presiden adalah dia, bukan kamu.

February 14, 2013

Koeltwit

2/14/2013 Posted by Arif Setiawan , , No comments
Beberapa hari yang lalu saya menemukan website buat koeltwit. Urlnya http://www.koeltwit.com/ . Mungkin istilah ini cuma populer di dunia twitter dan mungkin di twitter pun yang doyan melakukan hal ini cuma pengguna dari Indonesia, yaitu menuliskan tweet secara panjang dan berkelanjutan untuk memberikan informasi kepada followernya.

Jadi dalam website ini kita bisa menuliskan terlebih dahulu bahan yang mau kita buat kultwit, nantinya akan dipecah secara otomatis dan bisa di kirim dalam interval tertentu ke twitter. Bisa juga ditambahkan hashtag tertentu atau diatur urutannya. Jadi buat yang hobi melakukan kultwit aplikasi ini bisa bermanfaat, kalau saya si ga hobi buat kultwit (emg ga ada bahannya jg si :D).

Btw, udah ada aja yang bikin website kayak gini :)).



February 11, 2013

Maling?

2/11/2013 Posted by Arif Setiawan , No comments
Siang hari ini ada 2 kabar dari temen kosan. Yang satunya abis sidang TA (@BayuMurpratomo) *perlu ditagih makan2 ga ni? :D, si @ianagust malah bilang abis ada maling masuk kamarnya. Untungnya batal ilang dan ketahuan.


Padahal selama ini jarang banget ada kabar maling masuk Putra Bangsa, terakhir kali kalo ga salah Bayu yang kehilangan hpnya gegara ditinggal tidur dan pintu kebuka sama Emil yang ilang PSP (?) yang baru beberapa hari pindah ke kosan, itu juga udah hampir 2 tahun yang lalu.

Kata anak kosan, si malingnya pas ketahuan santai banget kyk mahasiswa main ke kosan temennya (udah profesional?). Semoga kejadian seperti ini ga kejadian lagi dan buat anak kosan lain agar selalu waspada dan jaga keamanan. Kalau tidur juga ditutup/dikunci aja kamarnya.

February 7, 2013

Little Reunion

2/07/2013 Posted by Arif Setiawan , , No comments
Kemarin temen seperjuangan ngabarin bahwasanya beliau sedang ada di Bandung, dalam rangka diklat bla.. bla.. (kurang mengerti secara detail). Beberapa hari sebelumnya juga sudah dikabari, dan saya iya kan aja kalau mau ketemuan, terakhir ketemu ya pas sebelum lebaran tahun lalu.

Sorenya saya ngabarin ke @MuhRiizal buat sekalian ketemuan dan tak lupa pula mengajak @2pick. Janjian ketemu di Grand Aquila Hotel, ternyata beliau baru bisa ditemui setelahjam 9 malam. Al hasil kami bertiga nyari makan dulu. Rencananya si di Warung Podomoro belakang Hotel Horison, etapi antrinya puanjang, ga jadi. Kemudian kami makan di warung sate, sekitarnya :)).

Setelah makan, langsung cabut ke arah Pasteur via Jalan Layang Pasopati dan berlabuh di Grand Aquila Hotel. Sholat Isya' di basement, nunggu bentar dan langsung ketemu yang namanya #Khotibul, pns dari Bantaeng :D.

#Khotibul, @2pick, @MuhRiizal 

Purworejo's

February 6, 2013

Menjejakkan Kaki di Gunung Kidul Part 1

2/06/2013 Posted by Arif Setiawan , , 4 comments
Melakukan perjalanan bersama teman-teman seperjuangan memang tidak diragukan lagi bakal jadi hal yang menyenangkan. Perjalanan ini sebenarnya sudah agak lama, sekitar pertengahan bulan November tahun lalu, tapi laporan perjalanannya sudah tertimbun di draft terlalu lama. Jadi dipersingkat saja tanpa melampirkan kisah secara detailnya ya. Biarkan dokumentasi perjalanan kami yang memberikan cerita :D.

Perjalanan diawali dengan menggunakan kereta Pasundan tujuan Kiaracondong - Surabaya, berlima (saya, @kungfuhugo, @yudhiadi, @hannz_uzot dan #lisna). Setelah perjalanan sekitar 9 jam, kami turun di Stasiun Lempuyangan, Jogja. Setelah itu kami langsung mencari tempat makan, kelaparan bray! Kami menyeberang di daerah timur stasiun dan sampailah di Phuket, warung makanan Thailand gitu. Saya memesan ayam goreng thailand kalau ga salah. Setelah itu kami mencari penginapan di daerah Sosrowijayan, diawali dengan nongkrong di halte transjogja sekitar setengah jam :D.

Kami mendapatkan penginapan dengan harga Rp 230.000 untuk 2 kamar selama semalam. Waktu itu emang lagi mahal harga penginapan, bertepatan dengan long weekend soalnya.

Malam hari, kami habiskan waktu untuk mempersiapkan sewa peralatan camping (daerah Pojok Beteng Wetan), jalan-jalan di sekitar Malioboro dan makan di Angkringan Stasiun Tugu, diakhiri dengan nongkrong di perempatan Kantor Pos hingga tengah malam. Kami harus kembali ke penginapan untuk beristirahat, karena harus bertemu dengan rombongan satunya di Wonosari pagi hari.

stasiun lempuyangan 1penginapan sosrowijayan
Bersambung ke part 2 (harus persiapan menyambut temen dari Sulawesi soalnya).

February 4, 2013

Kerja Kreatif

2/04/2013 Posted by Arif Setiawan , , No comments
Pernahkah mendengar istilah seperti itu?

Saya mulai menjadi salah satu orang yang menaruh respek sekali terhadap orang-orang yang mau dan mampu berkarya di dunia industri kreatif dan atau dunia-dunia lain dimana seseorang bisa menjadikan hobinya menjadi awal dari mata pencaharian mereka.

Misal seseorang yang hobi game bisa sampai dengan mendirikan perusahaan game. Seseorang yang hobi ngeblog bisa menjual konten dengan baik. Seseorang yang hobi fotografi bisa menjual karya fotonya. Seseorang yang bisa coding bisa punya sebuah produk yang menghasilkan. Seseorang yang hobi komik bisa mendapatkan penghasilan dari gambar-gambar komiknya. Seseorang yang hobi travelling bisa jadi travel consultant. Seseorang yang hobi bercerita dan menulis bisa jadi seorang penulis. Atau yang baru saja saya tonton di Hitam Putih Trans 7 seorang atlet sepeda yang bisa memperoleh pendapatan dari bersepeda itu sendiri. Dan masih banyak lagi.

February 1, 2013

#ColdplayNight Potluck Kitchen

2/01/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments

Nah, ini secara random saya ikutan anak² buat nangkring di Potluck. Ada acara namanya Coldplay Night. Jadi ada penampilan dari band² yg cover lagunya Coldplay. Potluck ini lokasinya di Jl. H. Wasid 31 Bandung, bisa dibilang nyempil, soalnya saya sempet bingung buat nyampe sana, hehe.

Ngobrol ngalor ngidul sambil mendengarkan lantunan lagu² coldplay bisa jadi momen yang jarang terjadi. Lucunya, kebetulan saya ke sana memakai baju Weezer (sempet khawatir takut dikira salah kostum), dan sesaat setelah buka twitter nemu tweet ini.