that has secret destinations.

January 30, 2013

#HappyBirthdaySTEMATEL

1/30/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Sebenernya saya ga hafal hari lahirnya almamater saya ini, tapi udah rame aja hari ini sama hestek #HappyBirthdaySTEMATEL. Saya ikut doain dari sini aja ya, semoga sekolahnya makin bagus kualitasnya dari ke hari dan dapat menciptakan alumni yang kreatif dan mandiri, Aamiin.

Nostalgia dikit boleh lah ya. Saya adalah alumni angkatan 12, selalu menghabiskan waktu di Purwokerto dengan kelas Dottmatrix, penduduk Zoo Kost dan warga Stematel lainnya. Duh, terlalu banyak kenangan di sana, hehe. Semoga suatu saat kita dapat berjumpa kembali temans. 

Memperkaya Konten Blog dengan Storify

1/30/2013 Posted by Arif Setiawan , , , , No comments

Don't get lost in the noise. Discover the voices worth sharing.
Itu adalah tagline nya layanan yang baru-baru ini saya pakai, namanya Storify. Fitur utama dari Storify adalah membantu pengguna untuk membuat/menciptakan sebuah cerita-cerita pendek dari record yang sudah ada di social media atau url tertentu. Bisa dijadikan satu dan diurutkan secara ascending maupun descending. Sehingga pengguna tidak perlu lagi copy paste record tersebut, tinggal nanti hasil dari storify di embed atau di share.

Nah, layanan seperti ini menurut saya sangat menguntungkan sekali terutama buat para blogger ni, jika ingin memberikan kutipan-kutipan tertentu dari berbagai sumber dan menampilkan orisinalitas dari sumber informasi tersebut. Selain itu, juga dapat menghasilkan rich content buat blognya :).

Sebagai contoh saja jika saya membuat postingan tentang Nguping Twitter diblog ini, record twitter yang ada sudah saya satukan menggunakan layanan storify, sehingga bisa dibaca lebih mudah oleh pembaca.

January 29, 2013

Berkunjung ke Panti Asuhan Al Fitroh

1/29/2013 Posted by Arif Setiawan , , , , No comments
Seperti sudah saya singgung sebelumnya, jika saya dan teman-teman bakal mengunjungi Panti Asuhan setelah Business Fair. Alhamdulillah rencana berjalan lancar. Panti yang kami kunjungi adalah Panti Asuhan Al Fitroh. Lokasinya di Komplek Perumahan Griya Bandung Asri 1. Sengaja kami pilih yang dekat dan paling membutuhkan bantuan dari kita. Sebelumnya, teman-teman saya juga sudah melakukan survey dan akhirnya terpilih panti asuhan ini (thx kerja kerasnya fellas). 

Acara dimulai dari siang hari, tanpa babibu langsung kita ajak kenalan dan makan siang anak-anak yang sudah siap dengan kostum mereka. Acaranya juga cukup singkat, setelah makan siang, kemudian main games, penampilan dari anak panti (nyanyi lagunya coboy junior donk, haha), penyerahan hadiah, penyerahan sumbangan secara simbolik dan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh salah satu anak panti. Dan terakhir yaitu foto-foto :D.

Nyanyi Coboy Junior dulu.

January 28, 2013

Soto Saung

1/28/2013 Posted by Arif Setiawan , , , , , No comments
Soto Saung adalah salah satu warung di area food court BIP, menu makanannya tentu saja kebanyakan adalah soto. Ada soto babat, soto bandung, soto ayam, dll. Biasanya si saya pesen es teh jumbo dan makanan Jepang gitu kalo di sana. Kali ini nyobain yang lain. Saya memesan soto babat dan es teh manis. Harga makanan di warung ini rata-rata sekitar Rp 20.000, sedangkan minumannya mula dari Rp 4.000 - Rp 15.000. Biasa aja si sama warungnya, tapi boleh jadi pilihan jika ingin mencoba menu baru :).

Soto Saung BIP

Aktivitas kuliner yang random seperti ini berasa sering banget (karena sering didokumentasikan jg kali ya), dan lama-lama si +Riezan Syauqi Fanhas sama +Adi Ferdian bisa jadi seleb di blog saya ini :)).

January 26, 2013

Sukabumi Trip 2013

1/26/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Seminggu yang lalu saya dan teman sejawat berkesempatan buat berkunjung ke Sukabumi. Ya, gara-gara ada temen yang sedang berbahagia dalam suatu momen, Kak Said.

Berangkat dari Bandung hari sabtu pagi, berempat (saya, +Walesa Danto , +sidik prabowo , +Rizki Afif Finata ), sekitar jam 9 berangkat, perjalanan sekitar 3 jam untuk sampai di Sukabumi. Di tengah perjalanan, tepatnya di Cianjur, kami berhenti dulu di Warung Sunda Rasa. Menunya sunda bangetlah, cuma lauk sambel sama lalap, tapi lauknya lengkap cuy, dari babat, kikil, gepuk, ayam, telur, dll sampai ada pete juga. Disajikan lengkap dalam satu etalase di atas meja. Menggiurkan sekali :D. Dan harganya menurut saya lumayan terjangkau, karena kami berempat hanya menghabiskan sekitar Rp 75.000 setelah melakukan eksekusi terhadap makanan itu.

Memilih untuk menikmati babat dan kikil saja, hehe.
Sampai di Sukabumi, kami muter-muter dulu sambil nunggu personil lain yang datang dari Jakarta (mbak +isnatia pipit , mbak +risna barkhiya tsaqib sama mas +Fajar Andriansyah ). Hasilnya :


Masjid Secapa Polri, ada tempat wudhu buat satu pasukan.

Jajan Waffel di A&W Supermall Sukabumi
Ternyata mbak pipit sama mas fajar dulu yang sampai. Kami jemput di dekat teminal dan langsung menuju ke penginapan. Setelah itu... merasa lapar.

Makan Pempek + Masakan Padang Bunda
Setelah mandi, makan rambutan dan kedelai, akhirnya kita mau nyari makan malam sambil jemput mbak risna. Sistem jemputnya pake ngirim koordinat tempat trus pake direction map gitu, hahaha. Dan akhirnya kami berlabuh di D'Green Cafe. Tempatnya serba ijo-ijo, pokoknya hati-hati kaloke sini jangan pake baju ijo, bisa-bisa sama dengan karyawannya :)).

Bakar Celup Jilid 2

1/26/2013 Posted by Arif Setiawan , , , , No comments
Sebenernya ini kuliner dalam rangka... random. Plus pengen makan banyak. Sekitar 2 minggu yang lalu. Setelah ajak sana-sini ternyata yang bisa ikutan cuma berempat. Yasudah, langsung cabut saja saya, +Riezan Syauqi Fanhas , +Adi Ferdian , +Tegar Arif N.

Bakar Celup
Sebelumnya saya dan teman² juga pernah ke sini dengan alasan yang sama, haha, random sekali memang. Harganya juga masih sama Rp 70.000 per orang, all you can eat.

January 24, 2013

Gubug Baru

1/24/2013 Posted by Arif Setiawan 6 comments
Hmm.. sebenernya ga baru juga si, soalnya domain ini sudah ada lebih dari setahun yang lalu, cuma masih di redirect aja ke blog yang wordpress. Nah, mulai sekarang domain ini akan menjadi direktori utama dan yang wordpress bakal jadi snippet aja. Postingannya juga udah di migrasi, tapi berhubung formatnya ga akrab antara yang lama sama yang ini, jadinya mungkin ada postingan yang sedikit berantakan.

Selanjutnya, bagi yang punya link blog lama saya di blogrollnya, alangkah baiknya jika langsung diganti aja ke url http://arifsetiawan.com ini ya, atau kalau ada yg dengan sukarela berkenan mau tersesat langganan, atau  ditambahin ke readernya bisa ke sini, hehe. 

Happy Blogging!

January 23, 2013

Bunztelan Kitchen

Bunztelan Team ft Bunz
Ini adalah salah satu bagian kegiatan kuliah Inovasi dan Kewirausahaan di kampus saya, dimana diharuskan untuk berlatih membentuk bisnis kecil-kecilan. Kegiatannya sudah dimulai setelah UTS dan puncaknya ada yang namanya Business Fair selama dua hari sebelum UAS.

Bisnis kecil-kecilan ini, namanya Bunztelan Kitchen. Saya dan teman-teman menjual kebab, mie udon dan es selasih. Udah gitu aja, hehe (sebatas mengharap nilai kuliah). Tapi lumayan juga lho hasil jualannya bisa untung agak banyak, mungkin karena udah tradisi juga kali ya, jadi banyak mahasiswa yang mau dipalakin buat beli :)).

January 22, 2013

Karnivor Cafe and Resto

1/22/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Let's Meet Our Meat!
Yak, itu adalah semacam tagline dari cafe yang berlokasi di Jl. Riau No. 127, Bandung. Kami ke sini sekitar awal Januari ini bareng @adiferd, @riezan_ dan @ianagust. Gegara ada yang mau berburu diskonan distro awal tahun, jadi we saya ikut pengen beli juga #modus, haha.

Ini juga pertama kali saya mampir ke cafe ini, padahal udah sering lewat sebelumnya. Desain tempatnya juga dibuat seperti suasana hutan, penuh dengan kayu-kayu. Sehingga terlihat seperti hutan di tengah kota. Di cafe ini menyediakan berbagai makanan yang berhubungan dengan daging. Saya sendiri memesan sop iga dan kopi americano. Yang lain memesan T-rex Bone, Tenderloin Steak dan Gorilla Punch (ini minuman ukuran jumbo).

January 18, 2013

30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia

1/18/2013 Posted by Arif Setiawan , , 1 comment

Ini sepertinya hal wajib banget buat di share ke temen-temen, pasti banyak kan yang belum tau apa saja makanan tradisional yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai ikon kuliner tradisional Indonesia.

Berikut ini list makanannya.

Informasi Terkait Banjir Jakarta 2013

1/18/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Area Banjir Jakarta 2013

Setelah baca artikelnya DailySocial tentang Jakarta Flood Information Resources , saya rasa informasi ini juga perlu dibagi buat teman-teman semua, seperti.
  1. Ada yang namanya Google Crisis Response tentang banjir Jakarta 2013.
  2. Sumber informasi, lokasi posko beserta dengan no teleponnya.
  3. Disaster Ready Kit yang disediakan oleh Aditya Sani, Jong Djakarta dan Muda Madani.
  4. Bantu Jakarta project, yang memberikan fasilitas update berita beserta laporan berdasarkan geolokasi.
  5. Overview Map dari Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction.
  6. Untuk lebih update informasi bisa mengunjungi juga official website dari BNPB.
Semoga bencana banjir ini bisa berlalu dan ada solusinya di kemudian hari.

Beli Travel Pouch

1/18/2013 Posted by Arif Setiawan , , No comments
Akhir tahun lalu, kebetulan saya lagi pengen banget yang namanya tas kecil. Ternyata nama bekennya travel pouch. Kebetulan juga si @whe_green lagi pengen beli sendal.



Tujuan kami yaitu Kawani, toko yang menjualan peralatan outdoor dan adventur. Lokasiny di Jl. Dr. Otten No. 9, Bandung. Di sini barang yang dijual juga sudah lengkap dari peralatan yang kecil-kecil hingga besar. Selain itu, harganya juga relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan toko peralatan outdoor yang sudah ternama lainnya. Bisalah dijadikan alternatif pilihan untuk masalah peralatan adventur bagi yang suka travelling.

January 17, 2013

Social Entrepreneur

Oiya, sebelumnya ini adalah materi terakhir mata kuliah Kapita Selekta semester ini di kampus saya, sebelumnya saya juga pernah menyinggung tentang kondisi perkuliahan ini.

Pembicara kali ini adalah Kak @rizkyario, alumni IF IT Telkom angkatan 2006, yang merupakan Founder dan CEO Dreambender.

Dalam presentasinya disampaikan tentang bagaimana merancang sebuah bisnis, terutama bisnis di bidang sosial menggunakan Business Model Canvas.

Dalam dunia social entrepreneur sendiri ada beberapa hal yang berkaitan, antara lain.
  • Social Mission Focus
  • Profit required for Sustainability Only
  • Market Mission Focus
  • Profit required for Wealth Accumulation
Dari keempat hal tadi, social entrepreneur sendiri lebih mengarah ke Social Enterprise, yaitu di daerah antara Social Mission Focus dan Profit Required for Wealth Accumulation. Karena apa?



January 15, 2013

Masuk Gudang

1/15/2013 Posted by Arif Setiawan , , , No comments
Hari ini saya menemukan blog yang namanya Masuk Gudang, yang di tweet sama @ShutupLokal. Blog ini berisi tentang website lokal (startup) yang tidak aktif lagi, mati suri, sudah masuk surga ataupun neraka (ngambil dari aboutnya masgud). 

Setelah dilihat, ternyata banyak juga web yang jadi tidak aktif setelah beroperasi selama beberapa tahun, atau bahkan tutup dan memutuskan layanan. Padahal jumlah penggunanya sudah lumayan banyak. Sayang sekali. Namun, website yang ada di Masuk Gudang ini juga belum tentu website yang tidak akan beroperasi lagi lho :).

Dari blog ini saya juga tambah menyadari bahwa untuk membuat sebuah startup bukanlah hal yang mudah,  diperlukan motivasi dan konsistensi yang tinggi, dan yang pasti harus bekerja secara cerdas.

Semangat aja buat yang di tahun 2013 ini masih akan/sedang berjang dengan startupnya. Semoga sukses kawan!

Y3YY2JRGWE7J

January 14, 2013

Profesionalitas dan Produktivitas dalam Beribadah

1/14/2013 Posted by Arif Setiawan , , , , , No comments
Khotbah jumat kemarin saya catat lagi karena membahas tentang 2 hal, yaitu menyangkut kata profesional dan produktif.

Ibarat kata, hidup kita ini bisa digambarkan sebagai sebuah perjalanan panjang yang tujuan akhirnya kita sudah pasti, yaitu akhirat. Oleh karena itu, dalam perjalanan ini pula kita harus tau benar dan bisa menyusun rencana perjalanannya. Dalam sebuah perjalanan kita juga harus tau apa saja yang harus kita lakukan, akan singgah di mana saja kita, apa yang harus kita bawa dan yang paling penting kita haruslah tau ada di posisi mana kita sekarang. Selain itu juga harus direncanakan pula strategi untuk melewati setiap tempat agar nantinya kita bisa sampai di tujuan dengan selamat dan bisa memberikan cerita yang indah. Berkaitan dengan strategi inilah dimana kita dituntut agar bisa menerapkan prinsip profesional dan produktif dalam beribadah (karena perjalanan hidup ga akan lepas dari ibadah). Jika kita bekerja untuk mencari nafkah saja bisa profesional dan produktif, lalu bagaimana dengan beribadah?