March 23, 2013

Terjebak Rasa Ingin Memiliki

 
Sebelumnya maaf karena ini bukan bahas soal cinta yg mana topik paling menarik sakdunia itu, haha. Tapi kali ini saya akan bahas masalah jebakan sistem marketing akan sebuah produk. Kebetulan saya kemarin baru mengikuti kelas marketing dari Pak Agus Ahmad Suhendra.

Biasanya hal ini dialami oleh para pelaku dan atau pengguna teknologi dan berkaitan dengan produk teknologi itu sendiri, bisa gadget, komputer atau produk-produk lainnya. Ya, secara sadar atau tidak sudah banyak banget yang kasarannya bisa dibilang kemakan omongan marketing.

Sistem marketing ini bisa memberikan pengaruh kepada konsumen untuk mempunyai rasa ingin memiliki suatu produk teknologi. Misalnya, seseorang jadi merasa harus punya produk yang paling baru, spesifikasi hardwarenya tinggi, desainnya bagus, ber merk, dll. Ada beberapa kemungkinan konsumen yang bisa masuk ke golongan seperti ini, misal karena emang kebutuhan, riset, kelebihan duit, atau bisa juga karena gengsi. Nah, untuk tipe dua yang terakhir inilah yang lebih memudahkan sistem marketing, karena semahal apapun harga produk di labelkan, maka bakal diembat tanpa pikir panjang, paling yang menghalangi tinggal tenggat waktu delivery produk sampai di negara mereka.

Nah, mungkin itu dulu sedikit share materi tentang salah satu sistem marketing yang saya dapatkan.  Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca walaupun cuma sedikit :D

@ariffsetiawan